Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Sop Konro Mamink Daeng Tata' yang Melegenda

Sop Konro Mamink Daeng Tata' yang Melegenda - "Yah, kalau makan siang di Mamink Daeng Tata' dulu bagaimana?" ujar saya saat kami berada di sekitaran jalan Casablanca. Saya pengen menikmati semangkok sop konro yang hangat. Tetapi, terutama saya kangen dengan seporsi Tata' Ribs di rumah makan yang melegenda ini.

mamink daeng tata casablanca

Rasa Sop Konro dan Tata' Ribs yang Sama dengan Suasana Berbeda


Resto ini sudah ada sejak tahun 90-an. Kalau saya baca di beberapa artikel, awal mulanya malah dari kaki lima dulu. Pertama kali saya mengenalnya sejak masih kuliah sudah berbentuk rumah makan yang sederhana.

mamink daeng tata
Dari sejak saya masih kuliah hingga sekarang, nuansa bangunan lama gak berubah


Selama lebih dari 10 tahun kami gak ke Mamink Daeng Tata'. Bukan karena bosan dengan makanannya . Bukan pula karena gak tahan makan sambil kegerahan. Tetapi, gak tahan cari parkirnya. Restonya kecil, area parkirnya seuprit, tetapi yang mau makan di sana selalu ramai. Setelah agak lamaan cari parkiran, kami masih harus antre lagi kalau mau makan.

Waktu masih pacaran mah santai aja lah kalau antre begini hehehe. Tetapi, pernah sekali ajak anak-anak makan di sini saat mereka masih kecil. Akhirnya setelah dapat tempat duduk, mereka udah gak mood buat makan. Saya bersyukur anak-anak gak ngambek. Hanya jadi gak semangat aja buat makan. Sejak itu, saya memutuskan untuk gak makan di sini dulu selama beberapa waktu.

Sekian tahun kemudian, saya mengajak makan di sini. Mumpung ada di seputaran jalan Cablanca juga. Lagipula saya pikir anak-anak udah mulai besar. Sedikit ribet cari parkir dan antre buat dapat tempat duduk kayaknya udah gak masalah untuk mereka.

Sepertinya kami sedang beruntung. Siang itu langsung dapat parkiran dan tempat duduk. Bentuk rumah makan Mamink Daeng Tata' juga sepertinya tidak mengalami perubahan.


ruang ac mamink daentg tata
Bangunan baru lebih luas dan ber-AC


"Mau makan di sini atau di ruangan AC?" tanya pramusaji

Sekarang ada ruangan ber-AC? Wah, saya baru tau, nih! Tentu saja kami langsung mengiyakan tawaran tersebut. Panasnya Jakarta lagi 'lucu-lucunya'. Udah paling enak deh ngadem di ruang AC.

Dari tempat kami duduk ke ruangan AC dipisahkan oleh dapur. Setelah bertahun-tahun, jadi tau seperti apa bagian dalam resto ini. Ruangannya yang ber-AC lebih luas. Jarak antara meja satu dan lainnya juga terlalu berdempetan. Kami bisa lebih leluasa makan di sini. Pastinya juga lebih adem.

[Silakan baca: 7 Event Keren di Jakarta dan Sekitarnya yang Tidak Boleh Dilewatkan]


Mamink Daeng Tata', Menawarkan Berbagai Kuliner Khas Makassar


Ada banyak pilihan makanan dan minuman, terutama khas Makassar di sini. Tetapi, pilihan kami selalu Tata' Ribs dan Sop Konro. Gak pernah pilih makanan lain kalau ke sini.

tata ribs, iga bakar, iga bakar jakarta, kuliner makassar
Tata' Ribs, IDR58K


Paling suka dengan Tata' Ribs. Iga bakar bertekstur empuk yang rasanya digurih kemudian diberi saus kacang. Duh, saya jadi pengen lansung ke sana saat membuat tulisan ini. Konro alias sop iga khas Makassar biasanya kami pesan biasanya untuk pelengkap. Selesai makan, Nai memesan es pisang ijo. Favoritnya juga nih kuliner yang ini.

sop konro, sop khas makassar, mamink daeng tata
Konro, IDR58K


Ternyata di dekat ruang ber-AC ini juga ada area parkir yang cukup luas. Sahabat KeNai juga bisa langsung masuk ke ruang ini tanpa harus melewati ruangan yang lama. Ah, lain kali kami mending langsung saja. Jadi lebih betah makannya kalau begini. Gak pakai keringetan saat menyantap seporsi sop konro yang panas hehehe

es pisang ijo
Es Pisang Ijo, IDR22K

Kabarnya Mamink Daeng Tata' ini punya beberapa cabang. Tetapi, sama seperti pilihan kulinernya. Meskipun banyak, kami pesennya selalu Tata' Ribs dan Sop Konro terus. Begitupun dengan lokasinya. Meskipun selalu ramai, tetap aja pilih yang di Casablanca ini. Gak pernah cobain ke cabang lain.

[Silakan baca: 7 Hari Keliling Pulau Jawa]


Kapan Ya Bisa Kulineran Langsung di Makassar?


Kalau di Google Maps, bukanya dari pukul 9 pagi hingga 9 malam. Tetapi, di sini tertylis buka hingga pukul 2 dinihari


Enaknya tinggal di Jakarta itu pilihan kulinerannya lumayan komplit. Makanan Indonesia, Western, Jepang, Chinese, dan lain-lain juga ada. Untuk makanan tradisional Indonesia juga ada berbagai daerah. Salah satunya ya Mamink Daeng Tata' ini.

Tetapi, pengen juga suatu saat nanti bisa ke Makassar. Pengen menikmati tempat wisata, kulineran, sekaligus membeli minyak tawon tutup putih hahahaha! Favorit banget deh saya sama minyak tawon tutup putih.

Kepoin promo tiket pesawat di Pegipegi, ah. Kan lumayan banget tuh kalau bisa harga tiket murah. Soalnya kami kalau jalan-jalan, apalagi ke luar kota begitu selalu berempat. Jadi harga tiketnya juga dikali 4 untuk pulang pergi. 😂

Sahabat KeNai ada ide kulineran di mana aja yang recommended di Makassar?

[Silakan baca: Menikmati Skywalk Teras Cihampelas Bandung, Enaknya Sore Hari]


Mamink Daeng Tata Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato


Mamink Daeng Tata'


Jalan Casablanca No. 33
Bukit Duri, Tebet
Jakarta Selatan 12840

Phone:  (021) 8315555

Open hours: 09.00 s/d 02.00 wib

Posting Komentar

0 Komentar